Lemahnya informasi pasar menjadi permasalahan UKM di Karawang

|| || || Leave a comments
Dani Kusmayadi @ Karawang Bisnis

KARAWANG: Minimnya pengetahuan dan informasi pasar para pelaku industri kecil menengah di Kabupaten Karawang, menjadi salah satu kelemahan industri kecil menengah, kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan dan Energi setempat, Hanafi, 
“Itu hanya salah satu kendala, masih ada permasalahan atau kelemahan IKM lainnya yang cukup menghambat pengembangan IKM (industri kecil menengah) di Karawang,” kata Hanafi, di Karawang.
Dikatakannya, permasalahan lain yang menjadi kendala dalam mengembangkan IKM di Karawang ialah rendahnya jiwa kewirausahaan para pelaku IKM dan aksebilitas terhadap sumber permodalan yang masih rendah.
Para pelaku IKM di Karawang, kata dia, juga belum mampu menjalin kemitraan secara baik kepada industri besar, serta pelaku IKM yang belum mampu menyediakan produk yang berkualitas.
“Akibat permasalahan atau kelemahan itu, maka produk-produk IKM di Karawang belum memiliki daya saing di pasaran,”
Sebagai salah satu pengembangan IKM, dibangunlah rumah kemasan dan sentralisasi kegiatan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Karawang di gedung pusat promosi dan informasi produk lokal Karawang.
Kepala Bidang Promosi Dekranasda Jawa Barat, Bismark, di Karawang, Rabu (13/4), mengatakan, kabupaten/kota di Jawa Barat tidak seluruhnya memiliki gedung pusat promosi dan informasi produk lokal daerah setempat serta memiliki rumah kemasan sendiri.
“Hanya empat daerah yang memiliki rumah kemasan, yakni di Cirebon, Garut, Bogor dan Karawang. Untuk daerah lainnya, diupayakan akan memiliki pula, dan saat ini masih dalam proses pengajuan,”

Sehubungan dengan permasalahan lemahnya pemasaran produk IKM di Karawang saya (penulis) secara pribadi ingin mengajak kepada masyarakat Karawang khususnya pelaku bisnis untuk dapat berperan dalam memasarkan produk produk hasil IKM di Karawang, dan bagi para konsumen saya harapkan dapat menerima atau mengkonsumsi produk produk hasil IKM dari Karawang, sehingga diharapkan dengan meningkatnya omset penjualan maka para pelaku IKM juga dapat melakukan penambahan investasi untuk memperbaiki qualitas maupun kuantitas dari produk yang mereka hasilkan, sehingga kedepannya hasil produk dari para IKM di Karawang dapat bersaing dengan produk produk luar kota maupun luar negeri.
/[ 0 comments Untuk Artikel Lemahnya informasi pasar menjadi permasalahan UKM di Karawang ]\

Posting Komentar