Bisnis Pertanian, Kondisi panen di Kecamatan Telagasari Karawang

|| || || Leave a comments


Kondisi panen di Kec. Telagasari Karawang April 2013
Karawang Bisnis,
 Pada hari Minggu 21 April 2013, saya mengunjungi kecamatan Telagasari Karawang, secara kebetulan di daerah Telagasari Karawang sedang musim panen.
Saya menyempatkan diri untuk sekedar melihat dan berbincang dengan para petani disana, karena saya melihat fenomena yang sangat memprihatinkan. Tampak jelas sekali hampir sejauh mata memandang telihat hamparan padi yang berwarna putih, 
Biasanya pada saat panen pemandangan disawah akan terlihat padi bewarna kuning.
Menurut penuturan dari para petani hampir semua hasil panen musim ini diserang hama, sehingga banyak petani yang mengalami gagal panen, tampak sekali kesedihan diraut wajah mereka walaupun mereka berusaha menyembunyikannya lewat senyuman.
Kondisi panen di Kec. Telagasari Karawang April 2013

   
  Karena rasa penasaran dengan kondisi usaha petani padi di   Karawang sayapun mengikuti para petani tersebut ke tempat penimbangan hasil panen mereka, sebuah pertanyaan yang terbesit dibenak saya dengan melihat hasil panen yang gagal " Bagaimanakah cara petani membiayai hidupnya..? "


Tampak ditempat penimbangan saya melihat para petani yang sedang menimbang hasil panen dan salah seorang petani yang membawa buku catatan, setelah menimbang ada petani yang langsung membawa pulang gabahnya, tapi ada pula yang pulang dengan tangan kosong, setelah sebelumnya dia berbincang dengan petani yang membawa buku catatan itu.
Menurut petani tersebut petani yang tadi pulang dengan tangan kosong itu dikarenakan dia telah meminjam sejumlah uang kepadanya dan hasil panen yang hanya sedikit itu hanya cukup untuk membayar uang yang telah dipinjamnya. " Lalu bagaimana mereka akan membiayai hidup mereka sampai masa panen berikutnya, dan bagaimana mereka akan mendapatkan modal untuk masa tanam berikutnya ". 

Rasa prihatin dan iba terhadap nasib mereka bercamput baur didalam benak saya, terbayang jika kita bekerja selama sebulan dan tidak mendapatkan gaji,

Bagaimanakah cara menolong mereka ..?  Bersambung....

Salam 
Karawang Bisnis


/[ 0 comments Untuk Artikel Bisnis Pertanian, Kondisi panen di Kecamatan Telagasari Karawang ]\

Posting Komentar